Punya Rp50 Juta Mau Digandakan Jadi Rp 6 M? Ga Usah ke Dukun!

Indonesian rupiah banknotes are counted at a money changers in Jakarta, Indonesia April 25, 2018. REUTERS/Willy Kurniawan

Kasus tipu-tipu pesugihan yang dilakukan Mbah Slamet masih menjadi perbincangan hingga kini. Seperti diketahui, Mbah Slamet ternyata pernah mengaku bisa menggandakan uang Rp 50 juta jadi Rp 6 miliar.
“Mereka dijanjikan, ada yang dijanjikan digandakan Rp 50 juta jadi Rp 6 Miliar. Dia itu tipu-tipu. Begitu ditagih gelap mata. Ditagih terus kepepet, diajak ke rumahnya dikasih minuman dengan janji kalau kuat uang akan digandakan. Padahal, begitu diminum, lemas, dikubur,” kata Luthfi di Mapolda Jateng dilansir detikJateng, Rabu (5/4/2023).

Tanpa harus pesugihan, menggandakan uang Rp 50 juta jadi Rp 6 miliar bisa dilakukan dengan cara yang aman, legal, dan bebas tipu-tipu.

Hanya saja, proses menggandakan uang yang satu ini berbentuk investasi dan tidak secepat kilat.

Ketimbang harus ke dukun dan membuat nyawa Anda terancam, lakukan saja beberapa hal di bawah ini untuk menggandakan uang Rp 50 juta Anda jadi Rp 6 miliar.

Tiru strategi Lo Kheng Hong dalam investasi saham

Investor kondang Indonesia yang dijuluki Warren Buffett-nya Indonesia, Lo Kheng Hong (LKH) memiliki strategi investasi yang memungkinkan Anda meraup keuntungan hingga ratusan persen dari saham. Strategi itu bernama value investing.

Seringkali LKH menyebut analogi beli Mercy harga Avanza ketika ingin bercerita seputar value investing. Pasalnya, dia kerap memburu saham-saham perusahaan yang memiliki prospek bagus dengan harga yang murah (salah harga).

Beberapa bukti nyata dari kesuksesan strategi value investing LKH ada pada PT United Tractor Tbk (UNTR), di mana LKH membeli saham itu di harga Rp 250 perak per lembar dan menjualnya di harga Rp 15 ribu per lembar di tahun ke enam.

Selain UNTR, adapula saham PT Multibreeder Adirama Indonesia (MBAI) yang sudah merger dengan PT Japfa Comfeed Tbk (JPFA).

LKH membeli MBAI di harga Rp 250 perak per lembar di tahun 2005 dan menjualnya enam tahun kemudian d harga Rp 31.500.

Akan tetapi, ketahuilah bahwasannya dibalik keuntungan yang besar, akan tetap ada risiko dalam investasi. Dan value investing itu sendiri membutuhkan sebuah pemahaman sekaligus keahlian dalam menganalisis sebuah saham.

Janganlah menyerah untuk terus belajar hingga Anda bisa menguasai seluruh hal yang berkaitan dengan analisis saham.

Investasi reksa dana saham pun bisa

Selain investasi saham, pilihan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah reksa dana saham. Dengan membeli reksa dana saham, Anda bisa memiliki sebuah portofolio investasi yang didominasi oleh saham.

Saham-saham dalam portofolio reksa dana tersebut juga sudah dipilih oleh manajer investasi yang berpengalaman dalam mengelola investasi.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan CNBC Indonesia Research di Infovesta, terdapat lima produk reksa dana saham yang bisa memberikan keuntungan di atas 50% dalam tiga tahun. Reksa dana itu juga diracik oleh perusahaan manajer investasi yang memiliki reputasi baik, dan memiliki dana kelolaan (AUM) di atas Rp 100 miliar.

Tetap sabar dalam berinvestasi

Tidak akan ada kesuksesan yang instan, kinerja masa lalu sebuah saham atau reksa dana juga tidak bisa dijamin bakal terulang di masa depan. Oleh karena itu, sabar adalah salah satu kunci sukses dalam investasi.

Adalah penting bagi Anda untuk tetap mengelola ekspektasi Anda agar Anda tidak terlalu kecewa di kemudian hari.

Tambahlah pemasukan Anda, agar Anda bisa menyisihkan uang dalam jumlah yang lebih besar untuk investasi setiap bulannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*